Menahan Hawa Nafsu

Share :
Menahan Hawa Nafsu merupakan suatu hal yang saat sulit bagi manusia, sebagai umat yang mengerti agama pasti akan berfikir “Bagaimana Menahan Nafsu?” Berikut cara menahan nafsu, simak dialog berikut :
Asslm alkm ww. Bagaimana cara menahan nafsu menurut pandangan islam?. Saya tidak bisa mengendalikan pikiran saya, setiap kali melihat wanita, saya selalu melihat bagian tubuhnya yang membuat saya berfikir kotor/jorok. Saya inin menghilangkan itu ustadz. Wassalam.

Jawab : Pertannyaan anda itu menunjukkan tuntutan biologis(nafsu) yang tidak terpenuhi, hal itu sebenarnya fitrah bagi orng yang sudah baligh/dewasa. Maka nasehat Rosulullah saw kepada kiat 

“Wahai generasi muda! Bila diantaramu sudah mampu menikah hendaklah ia nikah, karena mata akan lebih terjaga, kemaluan akan lebih terpelihara”(HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud). Di hadist lain dikatakan : bagi yang belum mampu menikah, maka berpuasalah. Sebab dengan berpuasa akan mengurangi keinginan nafsu terhadap wanita.
“Seburuk-buruknya kalian, adalah yang tidak menikah, dan sehina-hina mayat kalian, adalah yang tidak menikah”(HR. Bukhari)
“Diantara kamu semua yang paling buruk adalah yang hidup membujang, dan kematian kamu semua yang paling hina adalah kematian orang yang memilih hidup membujang” (HR. AbuYailla dan Thabrani).
Sumber : Ad-Dakwah(Bulletin Jum'at)

Daftar Isi [Tutup]

    Reaksi:
    Newer
    Older

    0 Comments